Implementasi Konsep Local Wisdom pada Desain Interior Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Ratna Andriani Nastiti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • R. Ayu Firdausi Novira Rachman Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Fairuz Mutia Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Keywords:

inovasi, modular, perilaku, pesisir, proximity

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini mengajarkan hal-hal dasar yang menjadi bekal anak seperti kemandirian dan adaptasi dengan lingkungan. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan mengemas materi pembelajaran secara fun dan playfull sesuai dengan kebutuhan pendidikan pada usia dini. Sejalan dengan kegiatan pembelajaran yang ada, pengenalan local wisdom pada anak kerap menjadi fokus utama beberapa tahun terakhir. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anak terhadap lingkungan serta memupuk rasa cinta tanah air. Dalam hal tersebut lingkungan kelas yang menunjang pembelajaran memiliki peranan penting terhadap keberlangsungan kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan konsep local wisdom pada desain interior kelas. Studi kasus yang dijadikan topik pada penelitian ini adalah PAUD Teratai, yang terletak di kawasan pesisir Desa Bhinor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengadaptasi metode design thinking. Hasil penelitian ini berupa gagasan kreatif desain interior ruang kelas dengan mengusung konsep local wisdom sebagai konsep utama. Gagasan kreatif tersebut berupa desain elemen dinding dan alternatif desain furnitur untuk mendukung pembelajaran anak usia dini. Selanjutnya hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan dalam mendesain ruang kelas yang mengadaptasi local wisdom, khususnya di kawasan pesisir.

References

Afandi, A. A., & Hayati, A. (2021). Pilihan Warna, Bentuk, dan Pengaruh Skala Antropometri pada Perancangan Taman Kanak-Kanak. Jurnal Sains dan Seni ITS, 9(2), G25-G30. http://dx.doi.org/10.12962/j23373520.v9i2.56555

Ahmad Fahri, Y. (2022). Optimalisasi Petik Laut Untuk Mengembangkan Potensi Budaya Lokal Desa Kaduara Timur Di Era Revolusi 4.0. Jurnal Sosiologi Nusantara, 8(2), 219–236. https://doi.org/10.33369/jsn.8.2.219-236

Annisa, D. A. N., & Lestari, K. K. (2021). Pengaruh Pemilihan Jenis Dan Warna Pencahayaan Pada Suasana Ruang Serta Kesan Pengunjung Kafe. Sinektika J. Arsit, 18(1), 78-84.

Asrianti, T., & Fauziah, P. Y. (n.d.). (2021). Pendampingan Belajar Aksara Jawa dalam Upaya Pelestarian Budaya Jawa. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 1(2), 129-137. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/sjp/article/download/5885/2663/15812

Fahrudin, R., & Ilyasa, R. . (2021). Perancangan Aplikasi "Nugas" Menggunakan Metode Design Thinking Dan Agile Development. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 35–44. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.714

Gibbons Sarah. (2018). Empathy Mapping: The First Step in Design Thinking. Nielsen Norman Group. Retrieved (https://www.nngroup.com/articles/empathy-mapping/).

Husein, Ananda Sabil. (2018). Metode Design Thinking Untuk Inovasi Bisnis. Malang: UB Press.

Lomas C. & Oblinger, D.G. (2006). Student Practices and Their Impact on Learning environments. D.G. Oblinger (Ed.), Learning environments, pp. 63-72. EDUCASE.www.educause.edu/learningspaces

Martahayu, V., Irfansyah, R., & Anharudin, A. (2021). Penggunaan Karya Seni Mural Di Pemandian Air Barat Desa Ranggung Sebagai Media Pendukung Berbasis Edukasi Sosial Kemasyarakatan. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 224-232. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i2.1893

McNeish, D., & Maguire, M. (2019). A participatory approach to helicopter user interface design. Loughborough University.

Mendez, Ana Del P.R. 2017. Analysis of Interior Design Requiements for Kindergarten Classrooms with respect to Learning Environment Elements. INSTITUTE OF SOCIAL SCIENCES. Interior Architectture and Environmental Design Master Program

Muna, L., Muh. Amin, A., & Karmila, F. (2023). Meningkatkan Literasi Lingkungan Melalui Pengelolaan Limbah Di Sma Negeri 6 Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Biogenerasi, 8(2), 551–554. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i2.2921

Novitasari, N., Hidayatul Habibah, F., Vera Yuniar, D., Sari Sulistiowati, I., Rarin Erlina, K., Umah, K., Hilya, N., Ning Rahayu, R., Kholifah, S., Mahfudhoh, S., Muafiyah, S., Zayyinatul Mustafidah, S., & Azkiyyah, C. (2022). Perancangan Kelas Desain Interior dalam Membentuk Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 52-61. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.128

Pratiwi, A. P., Wulandari, A. A. A., & Rachmayanti, I. (2021). Interior design of public library of arts, design and creative industries in Jakarta. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 729(1), 012077. https://doi.org/10.1088/1755-1315/729/1/012077

Qing, L. (2023). Discussion on the color design of kindergarten interior space. Highlights in Art and Design, 2(1), 61–63. https://doi.org/10.54097/hiaad.v2i1.5495

Raharja, A. D., Selvia, M., & Hilman, C. (2022). Revitalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan yang Relevan dalam Mengatasi Permasalahan Global. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(2), 85-89. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i2.215

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Sari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking Dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class di Kampus UPI Cibiru. Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 45–55.

Son, K., Chun, H., Park, S., & Hyun, K. H. (2020, April). C-Space: an interactive prototyping platform for collaborative spatial design exploration. In Proceedings of the 2020 CHI conference on human factors in computing systems (pp. 1-13).

Tannady, H., Haeraini, D., & Natalia, D. (2021). Perancangan Tampilan User Interface Pada Website Klinik Sehat Berdasarkan Metode Paper Prototype. JBASE-Journal of Business and Audit Information Systems, 4(2). http://dx.doi.org/10.30813/jbase.v4i2.2999

Tobing, B. C. L., Sulistiyowati, N., & Siska, S. (2024). Perancangan Ulang Desain E-Campus Unsika Berdasarkan User Experience dengan Menggunakan Design Thinking. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2038–2075. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12703

Xiaoxian, S., & Meicheng, W. (2021). Spatial Color Analysis of Kindergarten Interior Design Based on Children’s Psychological Activities in Digital Environment. E3S Web of Conferences, 236, 05011. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202123605011

Young, F., Cleveland, B., & Imms, W. (2020). The affordances of innovative learning environments for deep learning: Educators’ and architects’ perceptions. The Australian Educational Researcher, 47(4), 693–720. https://doi.org/10.1007/s13384-019-00354-y

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Nastiti, R. A., Rachman, R. A. F. N. ., & Mutia, F. (2024). Implementasi Konsep Local Wisdom pada Desain Interior Pendidikan Anak Usia Dini . Rachanainterior, 1(01), 26–41. Retrieved from https://rachanainterior.upnjatim.ac.id/index.php/rachanainterior/article/view/10

Issue

Section

Articles